Pos Kamling

Pos Kamling atau biasa juga disebut bejagan atau pos ronda adalah pusat atau pos yang dipergunakan sebagai tempat singgah para penjaga disetiap rt atau rw ditiap tiap dusun dan atau tempat bertemunya anggota masyarakat dikala senggang dan tidak ada aktivitas rutin. 

Baik sekedar untuk menikmati rokok dan atau minuman kopi / teh maupun hidangan umbi - umbian atau gorengan dengan percakapan kecil penting maupun senda gurau maupun percakapan dewasa yang lebih penting. 

Fungsi utama poskamling pada dasarnya adalah merupakan tempat singgah para penjaga malam baik hansip maupun warga kampung yang secara kebetulan mendapat giliran jaga pada waktu tertentu sesuai dengan giliran mereka. Pada peletakkannya pos kamling lebih cenderung kepada penjagaan Rukun Tetangga dan atau Rukun Warga dibandingkan sebagai pos untuk menjaga dusun atau desa, jadi didalam satu dusun bisa terdapat beberapa pos kamling tergantung kebutuhan warga dusun dan biasanya terletak diposisi yang stragis dan memiliki posisi pandang yang luas.

Pengertian Tentang Pos Kamling

Pos Kamling adalah singkatan atau kependekan dari Pos keamanan keliling dimana bangunan tersebut berfungsi sebagai tempat bagi mereka warga kampung yang kebagian tugas untuk jaga keliling.

Namun kini Pos Kamling sudah banyak ditinggalkan oleh warga kampung karena fungsinya sudah tidak lagi diperlukan, selain itu kegiatan Pos Kamling juga banyak menyita waktu dan mengganggu aktivitas warga khususnya bagi warga yang bekerja dipagi hari.

Di era modern ini Pos Kamling sudah jarang lagi dipakai dan juga fungsinya tidak lagi seperti awal pembuatan dimana warga masyarakat sudah mulai merasakan keamanan yang cukup karena lapangan pekerjaan yang semakin terbuka lebar bagi para warga masyarakat yang menganggur dan mengisi aktivitas mereka dimalam hari untuk mencuri atau merampok.


Blog, Updated at: 20.23.00

0 komentar:

Posting Komentar