Musholla Atau Masjid Kecil

Musala atau Musholla (bahasa Arab: مصلّى) adalah tempat atau rumah kecil menyerupai masjid yang digunakan sebagai tempat mengaji dan salat bagi umat islam. pada zaman rosulullah Musholla adalah satu tempat semacam lapangan yang dijadikan untuk melaksanakan sholat ied. 
Diera ini musholla selain dipakai untuk sholat juga dipergunakan untuk berbagai macam hal diantaranya rapat , kumpulan kecil , menerima tamu dari luar , tempat menginap tamu yang berkunjung, dsb.  

Musala juga sering disebut dengan surau atau langgar. Fungsinya menyerupai masjid, namun ada beberapa hal yang membedakannya dengan masjid, yaitu: Tidak dapat dipergunakan untuk salat Jumat Tidak dapat digunakan untuk iktikaf Kadangkala musala adalah milik pribadi seseorang Umumnya berukuran lebih kecil daripada masjid.

Di beberapa daerah di Sumatera dan Semenanjung Malaya, surau merujuk pada bangunan tempat ibadah umat Islam. Fungsinya hampir sama dengan masjid yakni sebagai pusat kegiatan keagamaan masyarakat dan pendidikan dasar keislaman. Akan tetapi, karena bangunannya relatif lebih kecil dari masjid, surau biasanya tidak digunakan untuk pelaksanaan salat Jumat dan salat Ied. Di Minangkabau, surau kebanyakan lebih dikhususkan sebagai lembaga pendidikan dikarenakan letaknya yang berdampingan dengan masjid. 

Di Malaysia, perbedaan fungsi antara surau dengan masjid tidak begitu jelas. Untuk tujuan administratif, surau dibedakan menjadi surau besar dan surau kecil. Meskipun fungsinya hampir sama dengan masjid di Indonesia, surau besar biasanya mempunyai fungsionaris keagamaan lebih lengkap. Akan tetapi, surau besar pada umumnya tidak dimaksudkan sebagai lembaga pendidikan Islam. Sebaliknya, surau kecil biasanya juga difungsikan sebagai tempat memberikan pelajaran dasar agama.

Masjid dan Musholla itu berbeda. Sebagian orang Indonesia menamakan Musholla itu yang bentuknya kecil, sedangkan Masjid itu yang besar. Benarkah demikian perbedaan masjid dan mushola menurut Anda ?


Blog, Updated at: 03.11.00

1 komentar:

  1. memang benar gan yang membedakan hanyalah ukurannya, untuk fugsinya kurang lebih sama, namun pada saat ini baik masjid maupun mushola memiliki fasilitas yang hampir sama, contohnya banayk mushola yang menggunakan jam digital adzan sama seperti masjid" besar.

    BalasHapus